The Catalysts of Euro 2012

      
 





        The Catalysts, ya, di Euro 2012 nanti setiap tim peserta pasti memiliki pemain-pemain yang menjadi andalan, sepak bola memang permainan tim tapi tak jarang beberapa pemain dapat mengangkat permainan tim dan merubah pertandingan. Berikut adalah para Catalyst dari 16 negara peserta Euro 2012:

Spanyol

Sulit memang mengingat banyaknya pemain bagus di tim Spanyol apalagi mereka adalaah tim yang kolektif, tapi ada 4 nama yang patut d kedepankan, mereka adalah sang kapten Iker Casillas, Gerard Pique, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Casillas dan Pique akan memberi ketenangan bagi Xavi dan Iniesta utuk mengatur serangan, siapapun yang menjadi target man di depan pasti bisa di manjakan oleh kedua gelandang ini, tinggal bagaimana menyelesaikannya.


Jerman

Jerman juga memiliki 4 nama, mereka adalah Manuel Neuer, Piliph Lahm, Mesut Ozil, dan Mario Gomez. Neuer sudah terbukti bukan kiper sembarangan, dia bisa lebih hebat dari Oliver Kahn di masa mendatang, Lahm bisa bermain di kedua sisi lapangan dengan sama baiknya, Ozil akan menjadi "assisten" bagi rekan-rekannya terutama Mario Gomez, seorang oportunis yang galak di kotak 16m.


Belanda

Arjen Robben, Wesley Sneijder, Van Der Vaart, Jan Huntelaar, dan Van Persie. Jika pemain belakang mereka dapat memberi ketenagan, 5 pemain ini akan menjadikan Belanda tim ultra ofensive. Robben menyisir sisi lapangan, Sneijder dan Van Der Vaart akan mengatur serangan, memberi umpan dan sesekali melakukan tendangan keras dari jauh, Huntelaar dan Van Persie mustahil di turunkan bersama tapi, siapapun yang di turunkan tetap sama bahayanya, Van Persie memang lebih menonjol musim lalu, tapi Huntelaar adalah topskor timnas Belanda yang masih aktif bermain saat ini.



Inggris

Negeri Tiga Singa memiliki Joe Hart, Steven Gerrard, Ashley Young dan Wayne Rooney. Tanpa mengesampingkan peran bek seperti John Terry, Joe Hart pasti akan tampil memukau di Euro nanti, dia memiliki gaya yang mirip dengan Neuer. Sedangkan Gerrard, dengan tidak adanya Lampard, dia bisa leluasa mengatur serangan dengan gayanya sendiri, bisa meng-cover banyak posisi di tengah bahkan striker, Young dan Rooney tidak perlu di ragukan, cepat dan bertenaga, The United Connection mejadikan mereka seperti gabungan Ian Wright dan Alan Shearer.


Italia

Negeri sphagetti memang gagal total di Euro 2008, tapi dengan pergantiaan pelatih menjadi Cesare Prandelli yang mana memang menyukai pemain-pemain muda sama sperti saat ia melatih Fiorentina, Italia kini menggabungkan para pemain muda dan tua untuk beraksi di Euro 2012 dengan pemain kunci Gigi Buffon, Giorgio Chiellini, Andrea Pirlo, Riccardo Montolivo, dan Antonio Di Natale. Buffon dan Chiellini sudaah terbukti mengantarkaan Juve juara liga itali dengan menjadi tim yang paling sedikit kemasukan gol, Pirlo dan De Rossi bisa saling bertukar posisi di tengah lapangan sebagai pusat permainan, sedangkan di depan, walaupun itali memiliki Cassano dan Balotelli, tapi Di Natale sedang dalam peak performance di klub dan sepertinya akan menjadikan Euro 2012 ini sebagai kompetisi terakhirnya bersama negara.


Perancis

Sama dengan Italia yang juga finalis PD 2006, Perancis jug gagal total di Euro sebelumnya. Lalu siapa Catalysts mereka ? Tentu saja, Nasri, Ribery, dan Benzema. Tidak seperti tim di atas yang kaptennya saya masukkan dalam kategori Catalyst, Patrice Evra saya tidak masukkan di Perancis. Nasri, Ribery, dan Benzema memiliki senjata yang sama : kecepatan dan tendangan yang akurat ! bersama, mereka akan coba setidaknya lolos dari hadangan Swedia dan Ukraina, dan merepotkan Inggris.


Polandia

Hmmmm... Borussia Dortmund ! tentu itulah jawabannya, Dengan performa mereka yanng apik di klub tersebut, Robert Lewandowski, Lukasz Pisczek, dan Jakob Blaszczykowski akan menjadi tumpuan Polandia dari belakang sampai depan untuk mempertahankan martabat negara sebagai tuan rumah.


Rep. Irlandia


Sebenarnya, saya ingin menulis nama "Giovanni Trapattoni" haha tapi ini edisi pemain, Irlandia memiliki Shay Given, Aiden McGeady dan Robbie Keane. Given sudah berpengalaman di bobol oleh striker-striker gila di liga Inggris jadi mungkin dia bisa menahan beberapa striker di Euro nanti yang tidak bermain di Inggris, McGeady adalah gelandang tengah yang juga bisa beroperasi di sayap, cepat dan sering masuk ke kotak 16, Ashley Young nya Irlandia ! sedangkan Keane sebaliknya dengan Given, dia sudah banyak 
mencetak gol ke gawang kiper-kiper di liga Inggris yang dan melwti beknya yang terkenal bermain keras.




Portugal


Mudah di tebak, Cristiano Ronaldo, Luis Nani, dan Pepe lah para jagoan Portugal yang akan mengarungi neraka grup B, mungkin banyak yang memprediksi mereka tidak akan lolos, tapi setidaknya mereka bermain dengan enak di tonton laaah :D





Kroasia


Darijo Srna, Luca Modric, dan Nikica Jelavic ! Srna memiliki visi bermain yang baik, dia seperti Zanetti di Inter Milan atau Dani Alves di Barcelona, Modric ? tanyakan saja pada Pepe Reina bagaimana tendangan jarak jauh Modric. Sedangkan Jelavic adalah striker yang melebar dan pintar positioning, kalau Jelavic, tanyakan pada De Gea atau Rio Ferdinand :p


Rep. Ceko

Dari Belakang ada Petr Cech, pesepakbola ber-helm rugby yang baru mengangkat piala liga champions dan membuat suporter Bayern Munchen membencinya, lalu di tengah ada Tomas Rosicky, pengatur ritme serangan Arsenal yang membuat kerja Van Persie mudah dalam mencetak gol, lalu di depan ada Libor Kozak, penyerang muda yang bersaing dengan penyerang tua bernama Miroslav Klose di Lazio.



 Denmark

 Daniel Agger, Christian Eriksen dan Nicklas Bendtner adalah tumpuan Denmark di belakang, tengah dan di depan untuk membuat keajaiban melewati Belanda, Jerman, dan Portugal.




Russia


Si Beruang merah akan mengandalkan pemain dengan ukuran kelinci seperti Andre Arshavin, Igor Denisov, dan Pavel Pogrebnyak, alasannya cuma satu: P/E/N/G/A/L/A/M/A/N !


Yunani


Tidak ada pemain berlevel dewa di negeri para dewa ini, Giorgios Samaras dan Theofanis Gekas bisa menjadikan Yunani lolos utntuk bisa meneruskan semangat 2004.


Ukraina


Sebagai tuan rumah tentu Ukraina tidak mau mengecewakan pendukungnya, dengan pengalaman Andriy Shevchenko dan juga tandemnya di Dynamo Kiev, Artem Milevskiy, Ukraina setidaknya bisa lah merepotkan, semoga saja merepotkan lawannya bukan warga negaranya :p


Swedia

Yap, tidak ada nama Henrik Larsson atau Freddie Ljunberg lagi, tapi ada si penyihir kuning Zlatan Ibarhimovic dan juga pemuda harapan bangsa Rasmus Elm, bahu-membahu berusaha lolos dari fase grup.


















Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.